PENGARUH PENYULUHAN TENTANG KANKER SERVIKS PADA WANITA PASANGAN USIA SUBUR (PUS) DENGAN PEMERIKSAAN IVA (INSPEKSI VISUAL ASAM ASETAT) DI DUA DUSUN WILAYAH KERJA PUSKESMAS PITU, KEC. PITU, KAB. NGAWI

dyahh suryaa

Sari


Setiap tahun, tidak kurang dari 250 jiwa wanita meninggal dunia akibat kanker serviks dan setiap 2 menit seorang wanita di dunia meninggal dunia karena kanker serviks. Penyuluhan tentang kanker serviks merupakan kegiatan penyuluhan yang bertujuan mengajak masyarakat untuk mau berpartisipasi aktif melakukan skrinning awal yaitu dengan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat).

Rancangan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah 254 Wanita Pasangan Usia Subur (PUS) di Dusun Watugudel  dan 171 Wanita Pasangan Usia Subur (PUS) di Dusun Ngubalan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, jumlah sampel sebanyak 17 Wanita Pasangan Usia Subur (PUS) di Dusun Watu Gudel dan 17 Wanita Pasangan Usia Subur (PUS) di Dusun Ngubalan. Analisa data yang digunakan adalah Cross Tab.

Hasil dari Cross Tab yang telah dilakukan didapatkan bahwa hdari 34 responden hanya 2 responden yang melakukan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat). Maka efektivitas pengaruh antara penyuluhan tentang kanker serviks pada wanita Pasangan Usia Subur (PUS) dengan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) di dua dusun wilayah kerja Puskesmas Pitu, Kecamatan Pitu, Kabupaten Ngawi masih kurang.

Hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa efektivitas pengaruh penyuluhan tentang kanker serviks pada wanita Pasangan Usia Subur (PUS) dengan pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) di dua dusun wilayah kerja Puskesmas Pitu, Kecamatan Pitu, Kabupaten Ngawi masih kurang.

 

Kata Kunci : Penyuluhan, Wanita Pasangan Usia Subur (PUS), Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat).

 


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.