PERBEDAAN PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MOTORIK BAYI USIA 0-6 BULAN YANG DIBERI ASI EKSKLUSIF DAN YANG TIDAK DIBERI ASI EKSKLUSIF DI DESA JOHO KECAMATAN DAGANGAN KABUPATEN MADIUN

hari yadi

Sari


Pemberian ASI eksklusif dianjurkan untuk jangka waktu minimal enam bulan. Bayi yang mendapat ASI 4-6 bulan juga lebih jarang mengalami keterlambatan perkembangan daripada yang mendapat susu formula. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pertumbuhan dan perkembangan motorik bayi usia 0-6 bulan yang diberi ASI Eksklusif dan yang tidak diberi ASI Eksklusif.

Jenis penelitian ini adalah Diskriptif. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh bayi yang berusia 0-6 bulan sebanyak 23bayi. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh bayi yang berusia 0-6 bulansebanyak 23bayi. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Variabel tunggal yaitu pertumbuhan dan perkembangan motorik bayi usia 0-6 bulan yang diberi ASI Eksklusif dan yang tidak diberi ASI Eksklusif. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tabulasi silang.

Hasil penelitian diperoleh bayi usia 0-6 bulan yang diberi ASI Ekslusif  sebagian besar (63,6%) sebanyak 7 bayi mengalami pertumbuhan baik dan perkembangan yang sesuai. Bayi usia 0-6 bulan yang tidak diberi ASI Ekslusif  sebagian besar (45,5%) sebanyak 5 bayi mengalami pertumbuhan baik dan perkembangan sesuai. Ada perbedaan antara pertumbuhan dan perkembangan motorik bayi usia 0-6 bulan yang diberi ASI Eksklusif dan yang tidak diberi ASI Eksklusif.

Dapat disimpulkan bahwa pemberian ASI Eksklusif pada bayi usia 0-6 bulan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan motorik bayi. Diharapkan para ibu yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan hendaknya meningkatkan pengetahuan tentang ASI Eksklusif dan manfaatnya bagi bayi untuk pertumbuhan dan perkembanganya.

 

 

Kata Kunci: Pertumbuhan, Perkembangan, ASI Eksklusi.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.