TANTANGAN STAKEHOLDER KESEHATAN DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PELAYANAN KESEHATAN PEDULI REMAJA (PKPR) DI KOTA YOGYAKARTA

fitri putri utami, Ratu Matahari

Sari


ABSTRAK

 

Masa remaja merupakan masa peralihan yang membuat remaja berisiko untuk terlibat dalam perilaku seksual tidak aman. PKPR sebagai pelayanan kesehatan ramah remaja dapat dimanfaatkan remaja untuk memperoleh informasi serta mencegah perilaku seksual berisiko. Namun pelaksanaan PKPR dinilai kurang optimal karena masih memiliki beberapa kendala. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui tantangan yang dihadapi stakeholder kesehatan dalam pelaksanaan PKPR di Kota Yogyakarta.

Penelitian ini merupakan penilitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan FGD pada seluruh koordinator PKPR di Kota Yogyakarta dan indepth interview pada kepala bidang kesehatan keluarga Dinas Kesehatan Yogyakarta sebagai triangulasi. Analisis data menggunakan content analysis.

Tantangan yang dihadapi oleh stakeholder kesehatan antara lain belum adanya support penuh dari kepala puskesmas dan pembagian tupoksi kerja yang jelas antar tim PKPR, belum tersedianya ruangan khusus untuk pelayanan ramah remaja, pelaksanaan jam pelayanan PKPR bersamaan dengan jam sekolah, belum adanya MoU yang melandasi kerjasama yang dibangun oleh PKPR dengan instansi lain, serta panjangnya tahapan pencatatan dan pelaporan program PKPR.

Tantangan ini terjadi karena program PKPR bukanlah program prioritas di puskesmas. Diharapkan adanya perbaikan sarana prasarana dan dukungan bagi stakeholder kesehatan dalam menjalankan program PKPR.

 

Kata kunci: tantangan, stakeholder kesehatan, pelayanan kesehatan peduli remaja


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.