PENGARUH PENYULUHAN MENGGUNAKAN MEDIA DAN ALAT PERAGA TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA TENTANG DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA (PENELITIAN EKSPERIMENTAL PADA SISWA SMA NEGERI 1 NGUNUT, TULUNGAGUNG)

Aesthetica Islamy

Sari


Kanker payudara adalah kanker yang paling sering menyerang wanita. Data WHO tahun 2015 menyebutkan jumlah kasus kanker payudara lebih dari 1,5 juta per tahun dengan Case Fatality Rate (CFR) sekitar 15%. Rekomendasi Badan Kesehatan Dunia dalam upaya meningkatkan survival penderita akibat kanker payudara adalah dengan upaya deteksi dini, yaitu diagnosis dini dan skrining. Salah satu upaya deteksi dini kanker payudara adalah dengan DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA. Kurangnya informasi tentang kanker dan cara deteksi dini pada remaja menimbulkan rendahnya tingkat kesadaran untuk melakukan DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui pengaruh penyuluhan menggunakan media Audio Visual Aids (AVA) dan alat peraga terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang deteksi dini kanker payudara di SMAN 1 Ngunut.

Penelitian ini menggunakan desain Pre eksperimental dengan pretest-posttest design. Populasi adalah seluruh siswi SMAN 1 Ngunut kelas XI. Sampel sejumlah 45 orang yang dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data dengan menggunakan lembar kuesioner. Data kemudian dianalisis dengan uji Wilcoxon untuk variabel pengetahuan dan uji McNemar untuk variabel sikap.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum dilakukan penyuluhan, mayoritas responden   berpengetahuan cukup (n=25; 55,6%) dan bersikap positif (n=29; 64,5). Sedangkan setelah dilakukan penyuluhan, sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan baik (n=41; 91,1%) dan sikap positif (n=38; 84,4%). Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat penyuluhan terhadap pengetahuan dan sikap remaja dalam upaya deteksi dini kanker payudara di SMAN 1 Ngunut. Pemberian informasi kesehatan sangat penting dan terbukti berguna untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap responden. Oleh karena itu diharapkan adanya peningkatan program promosi kesehatan dari puskesmas dan Dinas Kesehatan dengan sasaran remaja khususnya tentang deteksi dini kanker.

 

Kata Kunci: deteksi dini, kanker, media, pengetahuan, penyuluhan, sikap

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ali, Zaidin. 2010. Dasar-dasar Pendidikan Kesehatan Masyarakat dan Promosi Kesehatan. Jakarta: Trans Info Media.

Azwar, S. 2007. Sikap Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. 2009. Sikap Manusian Teori Dan Pengukurannya Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Anonim. 2013. http://gosehat.com/mekanisme-terjadinya-kanker. Diakses pada tanggal 1 pebruari 2017 pukul 18.37 WIB

Buckman, R & Tereza W. 2010. Apa yang Seharusnya Anda Ketahui tentang Kanker Payudara. Klaten: Intan Sejati.

Hidayat, A. 2007. Metode Penelitian Kebidanan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.

Imron, M. 2011. Statistika Kesehatan. Jakarta: Sagung Seto.

Kumalasari I,. Andhyantoro, I. 2012. Keshatan Reproduksi Untuk Mahasiswa Kebidanan dan Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Kholoud, MA., Salma, AM. 2015. Breast Cancer, Breast Self-Examination Knowledge among Female High School Student in Riyadh City. Middle East Journal of Nursing, 2, 1-7.

Lukaningsih, Z. 2009. Pengembangan Kepribadian Untuk Mahasiswa Kesehatan dan Umum. Jogjakarta: Kata Hati.

Mansjoer A., Suprohaita, Wardhani W.,Setowulan W. 2008. Kapita Selekta Kedokteran Jilid 2. Jakarta: Media Aesculapius.

Melda, Byba, 2008. Pengaruh Health Education terhadap pengetahuan dan sikap wanita dewasa tentang DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA dalam upaya deteksi dini Ca Mammae.

Notoatmodjo, S. 2007. Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2010. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. 2012. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurarif, A & Kusuma, H. 2015. Aplikasi Asuhan Keperawatan Berdasarkan Diagnosa Medis & NANDA NIC-NOC. Jogjakarta: Media Action.

Nursalam. 2008. Konsep dan Penerapan Metodelogi Penelitian Ilmu Keperawatan : Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian. Jakarta : Salemba Medika

Potter & Perry. 2010. Buku Ajar Fundamental Keoperawatan Konsep, Proses, dan Praktik. Jakarta: EGC.

Purwanto, H. 2010. Pengantar Perilaku Manusia untuk Keperawatan. Jakarta : EGC

Pusat Data dan Informasi Kemeterian Kesehatan RI. 2015. http://www.Pusdatin.kemkes.go.id. Diakses tanggal 12 November 2016 pukul11.43WIB.

Rasjidi, I. 2009. Deteksi Dini, dan Pencegahan Kanker pada Wanita. Jakarta: Sagung Seto.

Rasjidi, I. 2010. Ephidemiologi Kanker. Jakarta: Sagung Seto.

Sibagariang E, Julianie, Rismalinda,Nurzannah S. 2010. Metodologi Penelitian Untuk Mahasiswa Diploma Kesehatan. Jakarta: Trans Info Median.

Sudart, Brunner. 2003. Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah Edisi 8. Jakarta: EGC.

Sugiyono. 2008. Statistika untuk Penelitian. Jakarta: Alfabeta.

Sunaryo. 2015. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.

Susilo, WH., Limakkrisna, N. 2012. Cermat Menyusun Kuesioner Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: trans Info Media.

Wawan, A & Dewi M, 2011. Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

WHO. 2015. Breast Cancer. Diakses dari http://www.who.int/cancer/prevention/diagnosis-screening/breast-cancer/en/ pada tanggal 9 Januari 2017


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.